Halaman

Social Bookmarking

Seiring dengan hadirnya teknologi web terbaru yang dikenal sebagai Web 2.0, beragam inovasi layanan blog pun terus bermunculan. Blog atau website kini sudah tidak hanya menjadi sumber penyajian informasi, media penayangan profil usaha, atau tempat bertransaksi secara online. Salah satu tanda kehadiran Web 2.0 adalah munculnya layanan-layanan web yang memungkinkan para pengunjung untuk dapat saling berinteraksi dan bersosialisasi. Hadirlah model-model layanan web berbasis sosial semacam Facebook (Social Networking), Twitter (Micro blogging), serta Digg (Social Bookmarking).

Social Bookmarking sendiri makin banyak dimanfaatkan. Bagi para pengelola website dan blog, layanan ini menjadi sarana efektif untuk mempromosikan konten blog dan mendatangkan pengunjung. Bagi pengguna internet, Social Bookmarking menjadi sumber referensi paling demokratis, karena konten blog akan di-voting, dikomentari, dan diberi peringkat popularitas oleh sesama anggota pengguna layanan.

Jika Anda bisa mem-bookmark halaman-halaman blog dan web favorit di web browser, Social Bookmarking memungkinkan Anda melakukan hal serupa dengan kelebihan data bookmark tersimpan di situs Social Bookmark dan dapat dinikmati pengguna lainnya. Selain melalui layanan search engine dan direktori web, layanan Social Bookmark kini menjadi salah satu sumber pencarian halaman web alternatif bagi para penggunainternet. Tentunya, Social Bookmarking pun menjadi media promosi web gratis yang sangat digemari para pengelola website atau blog.

Pada search engine, referensi halaman web diberikan oleh ‘mesin’ berdasarkan algoritma yang telah didesain penyedia search engine. Informasi yang diberikan search engine sendiri kadang kurang tepat. Sedangkan melalui direktori web, referensi halaman blog dan web disusun secara manual oleh editor dan hanya terbatas pada URL halaman utama situs. Informasi-informasi pendukung yang ada di halaman-halaman lain sebuah situs web menjadi tidak tereksplorasi. Berbeda dengan layanan search engine dan direktori web, mekanisme layanan Social Bookmarking lebih dinamis dan demokratis.

Selain menyediakan layanan penyimpanan data alamat halaman web dan ringkasan kontennya, layanan Social Bookmarking juga menyediakan fitur tambahan, seperti voting konten web oleh pengunjung, pemberian komentar, pemberian tag atau kategori, pencarian teman sesama anggota, dan fitur bersosialisasi sejenisnya. Pengelola website/blog dapat mendaftarkan setiap URL artikel dan posting website atau blognya. Demikian juga, setiap orang dapat mendaftarkan setiap artikel, foto, atau video di sebuah halaman web yang disukainya. Artikel terdaftar selanjutnya akan divoting dan dikomentari pengunjung, dan yang terpopuler akan disajikan secara khusus di halaman utama dan halaman tersendiri.

Di sinilah, pengguna internet memperoleh manfaat, yaitu mendapatkan referensi dan sumber artikel yang terbaik. Referensi halaman web lebih terpercaya karena merupakan hasil seleksi kolaborasi antar sesama pengunjung. Bagi pemilik artikel, semakin tinggi apresiasi yang diperoleh maka semakin tinggi pula kemungkinan website atau blognya mendapatkan pengunjung baru.

Semoga bermanfaat.

Baca juga Artikel lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar