Halaman

Trend Facebook di Opera Mini

Kita bisa menyimpulkan bahwa tidak ada keraguan bahwa Opera Mini merupakan browser mobile yang paling sering  digunakan oleh masyarakat Indonesia, ditengah trend Balckberry, sepertinya akses online melalui HP berbasis java masih jauh diatas aplilasi online lain. Trend q-werty phone yang dikabarkan masih akan terus meningkat di tahun 2010 ini, serta geliat online behaviour yang dimiliki user HP Indonesia yang terus bertambah. Ponsel di Indonesia memang sudah benar-benar menyebar, efeknya saya kira sudah bisa disamakan dengan televisi yang penyebarannya sudah sampai ke desa pelosok, dusun sekalipun. Saya juga sering kaget kalo liat tukang becak, lewat jalan raya di Bandung, pas macet tiba-tiba dia mengeluarkan sesuatu dari dompetnya, saya kira rokok, tapi ternata ponsel, rupanya ada telepon yang harus diangkat di tas pedal becak, ditengah ajalan raya pula.

Tapi, saya tidak tau pasti apakah pengguna ponsel yang bukan di kota juga mengakses Internet atau tidak, tapi yang pasti data dari Sysomos bisa mengindikasikan seberapa besar pertumbuhan akses Internet di tanah lokal. Dari data itu bisa kita lihat bahwa Indonesia ada di posisi 6 untuk jumlah total tweet yang dilakukan olah user Indonesia dari bulan Oktober 16 sampai desember 19 2010. Jadi tidak aneh juga jika Indonesia merupakan pengguna Opera Mini terbesar di Asia Tenggara meninggalkan Vietnam, Malaysia, Thailand, Philiphina, Brunei, Singapura, Kamboja dan Laos di belakang.

Kondisi mobile internet di Indonesia sekarang memberi kesimpulan bahwa tidak ada keraguan Opera Mini merupakan browser mobile yang paling sering digunakan oleh masyarakatIndonesia, hal ini didukung oleh beberapa hal seperti trend Blackberry dan ponsel menengah yang menyediakan akses online melalui HP berbasis java yang terus bertumbuh, trendQ-werty phone yang dikabarkan masih akan terus meningkat di tahun 2010 ini, serta geliat online behaviour yang dimiliki user HP Indonesiayang terus bertambah.

Ponsel di Indonesia memang sudah benar-benar menyebar, efeknya saya kira sudah bisa disamakan dengan televisi yang penyebarannya sudah sampai ke pelosok desa. Saya juga sering kaget sendiri jika melihat penetrasi industri handphone itu sudah sedemikian cepat, pernah suatu kali melihat tukang becak lewat di jalan raya Bandung, pas macet tiba-tibadia mengeluarkan sesuatu dari dompetnya, saya kira rokok, tapi ternyata ponsel, rupanya ada telepon yang harus diangkat di atas pedal becak,ditengah jalan raya pula.

Meski saya tidak tahu pasti apakah pengguna ponsel di luar kota besar, pedesaan misalnya dan juga masyarakat menengah ke bawah yang mempunyai handphone, apakah mereka mengakses internet atau tidak, tapi yang pasti data dari Sysomos bisa mengindikasikan seberapa besar pertumbuhan akses Internet di tanah lokal. Data tersebut diatas memang hanya untuk pengguna Twitter, tapi it’s indicate something, right? Dari data itu bisa kita lihat bahwa Indonesia ada di posisi 6 untuk jumlah total tweet yang dilakukan olah user Indonesia dari bulan Oktober 16 sampai Desember 16 2010.

Jadi tidak aneh juga jika Indonesia merupakan pengguna Opera Mini terbesar di Asia Tenggara meninggalkan Vietnam, Malaysia, Thailand, Piliphina, Brunei, Singapura, Kamboja dan Laos di belakang. Seperti yang saya kutip di situs resmi mereka, pengguna Opera Mini di Indonesia, untukpage-view bertumbuh sebesar 641.7%, sedangkan untuk unique-user bertumbuh sebesar 419.7%.

Untuk situs yang paling sering dibuka di Indonesia (sudah bisa kita tebak) Facebook di posisi pertama, sedangkan Yahoo! ada di posisikedua, mengalahkan jauh Google yang berada di posisi 6, terima kasih berkat pangguna di Indonesia.Sedangkan Twitter berada di posisi sembilan dari 10 situs paling sering di akses. Untuk sistus lokal, Detik ada diposisikeempat, untuk data lengkap bisa dilihat di screenshoot yang saya ambil dari Opera.com.




Baca juga Artikel lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar